Senin, 27 Mei 2013

Calon Peserta SBMPTN Dianjurkan Daftar Lebih Awal


MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM-Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) mulai Kamis 16 Mei, hari ini. Pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur ujian tulis SPMB-PTAIN ini dibuka mulai, hingga 15 Juni mendatang.
Wakil Rektor III UIN Alauddin, Prof Dr Ahmad Sewang, mengatakan, UIN Aluddin menjadi salah satu panitia lokal pelaksana SPMB-PTAIN dari 53 perguruan tinggi negeri agama Islam di Indonesia.

"Untuk jalur SPMB-PTAIN 1250 orang untuk jalur prestasi dan 750 untuk ujian tulis," kata Ahmad Sewang di kampus 2 UIN Alauddin, Samata, Gowa (16/5).

Tahun ini UIN membuka 4 jalur penerimaan mahasiswa baru. Dari 4 jalur ini UIN Alauddin menyiapkan 5.000 kuota mahasiswa baru yakni untuk jalur SNMPTN sebanyak 1.250 orang, jalur SBMPTN sebanyak 750 orang, jalur SPMB-PTAIN 1250 orang untuk jalur prestasi dan 750 untuk ujian tulis, sedangkan untuk Ujian Masuk Mandiri (UMM/UML) sebanyak 2.500 untuk jalur prestasi dan 2.500 untuk ujian tulis.

Adapun cara pendaftaran melalui jalur SPMB-PTAIN ini dilakukan secara online melalui laman http://www.spmb-ptain.ac.id.

Program studi yang ada di PTAIN dibagi menjadi dua kelompk yakni kelompok IPA dan IPS. Setiap kelompok IPA atau IPS dapat memilih dua program studi sesuai dengan kelompok yang diikuti sedangkan untuk kelompok IPC dapat memilih 3 program studi dengan catatan minimal 1 prodi kelompok IPA dan satu prodi IPS.

Adapun biaya pendaftaran untuk jalur ini yakni bagi peserta kelompok IPA atau IPS dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 150 ribu dan peserta kelompok IPC sebesar Rp 175 ribu. Biaya pendaftaran dibayarkan ke Bank Mandiri.

Sekadar informasi, pendaftaran jalur ini tidak hanya sebatas untuk program studi agama saja namun juga terbuka untuk semua prodi yang ada di UIN Alauddin, termasuk prodi di Fakultas Kesehatan dan Fakultas Sains dan Teknologi.

UIN Alauddin juga menjadi salah satu dari tiga universitas negeri di Makassar yang menerima penaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). UIN Alauddin menjadi panitia lokal 82 yang merupakan kerja sama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM).
Jalur SBMPTN ini dibuka secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id sejak Senin 13 Mei kemarin hingga 7 Juni. Seleksi SBMPTN ini merupakan seleksi tes tertulis dan atau keterampilan untuk calon mahasiswa yang lulus dari SMA/MA/SMK tahun 2011, 2012, dan 2013. (*)

Tidak ada komentar: